Cara Mengetahui Jenis Memory (RAM) Yang Dibutuhkan Oleh Sebuah Komputer

Friday, September 30, 2011
Random Access Memory (RAM) adalah suatu komponen dasar bagi sistem manajemen data komputer. Ukuran RAM yang yang terinstal pada suatu komputer akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan sebuah komputer dalam memproses informasi, dengan demikian, berarti bahwa RAM memiliki pengaruh secara langsung terhadap performa sistem. RAM tersedia dalam berbagai jenis. Ketika meng-upgrade, menambah ataupun mengganti kartu RAM, Anda harus mengetahui jenis RAM yang sesuai dengan sistem komputer Anda. Ada beberapa cara untuk mengetahui jenis RAM yang tepat untuk diinstal pada suatu komputer. Catatan ini akan memberikan informasi secara detail yang akan memandu Anda dalam jenis RAM yang dibutuhkan oleh komputer Anda.

1. Ikutilah petunjuk operasi-operasi manual yang disertakan pada saat pembelian komputer Anda atau hubungi customer service.

Pengguna dengan kontrak layanan yang valid sebaiknya menghubungi customer support untuk menanyakan tentang jenis RAM yang sesuai dengan sistem komputer yang dibelinya.

2. Melakukan scan secara online terhadap sistem komputer Anda untuk menentukan jenis RAM yang bagaimana yang sesuai dengan dengan sistem komputer Anda.
 

Beberapa produsen kartu RAM menyediakan scan online secara gratis yang dapat mengerahui jenis memory yang terinstal pada komputer Anda.

- Lakukan browsing menggunakan keyword "RAM system scanner" untuk mendapatkan daftar produsen komputer yang menyediakan layanan scan sistem gratis secara online.


- Pilih salah satu link yang muncul pada hasil pencarian teratas untuk membuka situs produse yang menyediakan layanan gratis tersebut.


- Ikuti petunjuk-petunjuk untuk melakukan scan memory/ RAM. Anda harus mengetahui jenis OS (misalnya : windows XP, Windows 7, Linux dll.) yang terinstal pada komputer komputer Anda untuk melakukan scan memory secara gratis. Jenis memory yang terinstal pada sistem akan ditulis dalam daftar hasil ketika proses scan telah selesai.

3. Membaca informasi tentang "jenis kartu RAM" yang tertulis pada kartu RAM yang terpasang pada komputer Anda.

- Shut down komputer Anda dan matikan power switch. Alias "netralkan komputer Anda dari aliran listrik".


- Buka casing komputer Anda, perhatikan motherboardnya dan lihat disebelah mana kartu RAM komputer Anda terpasang. Slot-slot untuk kartu RAM biasanya sejajar dengan slot RAM lainnya dan berada dalam satu set yang jumlahnya antara 2-8 baris. Setiap slot panjangnya sekitar 4 inci atau 10 cm dan setidaknya pada salah satu slotnya terpasang kartu RAM.


- Buka kedua pengunci memory card (terdapat pada kedua ujung slot) secara bersamaan dengan hati-hati (kuat tapi lembut). Kartu RAM akan keluar secara perlahan dari slot memory card.


- Setelah terlepas dari slotnya, ambil kartu RAM secara hati-hati dengan memegang pada kedua ujungnya.


- Catat informasi tentang "perusahaan yang membuatnya dan jenis RAM" yang tertulis pada kartu RAM tersebut.


Tips :

- Ketika menentukan ukuran RAM yang akan diinstal, perhatikanlah juga bahwa :
* Windows XP membutuhkan RAM minimal sebesar 128 Mb.
* Untuk Windows Vista dan dan Windows 7 membutuhkan RAM minimal sebesar 1 Gb.

Comments :

0 komentar ke "Cara Mengetahui Jenis Memory (RAM) Yang Dibutuhkan Oleh Sebuah Komputer"


Post a Comment

Silakan berkomentar sesuka Anda. Namun jangan spam, berbau SARA, kekerasan, porno atau intimidasi terhadap orang lain. Komentar yang melewati batas akan di hapus. Terima kasih.

Get Update

Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru dan berlangganan catatan dari blog "The Notes Web" via e-mail :


Privacy guaranteed, we will never share your e-mail.

Komentar terbaru

Catatan Terbaru

Komentar Terbaru