Cara Mengetik Dengan Cepat Tanpa Harus Melihat Keyboard

Monday, October 3, 2011
Apakah Anda adalah salah satu dari orang-orang yang harus melihat keyboard ketika mengetik karena Anda tidak yakin dimana huruf-hurufnya? Anda menggunakan kedua tangan bersamaan dengan setiap jari mengetahui letak hurufnya atau Anda hanya menggunakan salah satu tangan dengan kadang-kadang dibantu orang lain? Apapun masalahnya, Anda dapat belajar bagaimana cara mengetik dengan cepat dan mempercepat pekerjaan Anda.

Hal pertama yang harus Anda pelajari adalah "penempatan jari". Ini adalah posisi awal untuk jari Anda, untuk membuat jari-jari Anda mengetahui tempat masing-masing. Tanpa hal itu, Anda tidak akan bisa mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard, dan hal itu adalah yang memprlambat Anda.

Bagi yang menggunakan keyboard QWERTY standar, posisi awalnya adalah sebagai berikut :


- Jempol diletakkan pada spacebar (tombol spasi).

- Jari-jari tangan kiri (dari kelingking ke telunjuk) diletakkan pada tombol "A", "S", "D", "F".

- Jari-jari tangan kanan (dari telunjuk ke kelingking) diletakkan pada tombol "J", "K", "L" dan ";".

HAPALKAN/ INGAT-INGAT POSISI DIATAS!

Kemudian gerakkan jari-jari Anda ke atas dan kebawah untuk menekan tombol-tombol. Ingat selalu untuk segera menempatkan jari-jari Anda pada posisi awal sebisanya.

Tapi tentu saja Anda tetap harus mengingat-ingat dimana huruf-huruf pada keyboard berada. Sebagai awal latihan, Anda bisa mengetik dua huruf, kemudian dua huruf berikutnya sampai Anda mempelajari semuanya. Anda bisa minta bantuan pembimbing yang mahir atau menggunakan software untuk berlatih.

Anda juga harus berkonsentrasi dan sesedikit mungkin melihat tombol-tombol keyboard Anda. Mungkin Anda haurs melihat keyboard Anda untuk sementara, tapi dengan berjalannya waktu dan latihan, jari-jari Anda akan ingat dimana tempatnya dan Anda akan mampu mengetik tanpa melihat keyboard dan cepat.

Anda disarankan melakukan beberapa latihan sederhana tapi efisien dalam menggunakan metode diatas. Berikut latihannya :

- Pertama, ketik huruf sampai Anda hafal diman tempatanya masing-masing.

- Kemudian, kuasai kemampuan mengetik nama Anda tanpa harus melihat keyboard. Latihlah sampai bisa melakukannya dengan sempurna.

- Setelah berhasil, ketiklah sebuah kalimat yang memuat semua huruf yang ada pada keyboard, atau Anda bisa menggunakan kalimat berikut :

"the quick brown fox jumps over the lazy dog."

atau kalimat berikut :

"Crazy Fredericka bought many very exquisite opal jewels."

Bersabarlah, karena memang membutuhkan waktu untuk bisa mengetik dengan cepat dan benar tanpa harus melihat ke keyboard. Anda akan mengetik dengan lambat dan banyak kesalahan pada awalnya, tapi akan menjadi lebih baik dan lebih cepat selama Anda tetap berlatih.

Latihan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengetik paragraf-paragraf. Hal tersebut akan banyak membantu karena Anda akan bisa mengetik semakin cepat setiap kali Anda mengulangi mengetik kata-kata yang sama. Cari beberapa paragraf terpendek untuk memulainya. Kemudian ketik paragraf yang lebih panjang. Jangan takut salah ketik.

Anda bisa menggunakan fasilitas gratis untuk membantu Anda dalam berlatih mengetik dengan cepat dan mengukur kecepatan mengetik Anda.

Silakan lihat di halaman ini.

Jangan lupakan pula posisi Anda saat mengetik. Buatlah senyaman mungkin, duduk tegak serta buat tubuh dan tangan Anda berada dalam keadaan rileks. Jika terasa sakit atau kram, berhentilah sejenak untuk istirahat hingga Anda merasa nyaman kembali.

Tetaplah berlatih! Anda bisa bergabung dengan forum online, chatting atau social network untuk berlatih mengetik dengan cepat dan mempelajari cara mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard.

Comments :

2 komentar ke "Cara Mengetik Dengan Cepat Tanpa Harus Melihat Keyboard"

Unknown on March 25, 2014 at 7:06 AM said...

Mantap gan tips nya.

Anonymous said...

nice artikel. I will try it


Post a Comment

Silakan berkomentar sesuka Anda. Namun jangan spam, berbau SARA, kekerasan, porno atau intimidasi terhadap orang lain. Komentar yang melewati batas akan di hapus. Terima kasih.

Get Update

Masukkan alamat e-mail Anda pada kotak di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru dan berlangganan catatan dari blog "The Notes Web" via e-mail :


Privacy guaranteed, we will never share your e-mail.

Komentar terbaru

Catatan Terbaru

Komentar Terbaru